PELAKSANAAN VALIDASI DATA LAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT OLEH MAHASISWA KKN TEMATIK IAIN KEDIRI

KKN IAIN KEDIRI 2019 07 Agustus 2019 04:47:59 WIB

Tanggaran, Rabu (10/7/2019). Berasas "Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Berbasis Riset Menuju Kemandirian" dan sesuai dengan program pengabdian mahasiswa IAIN Kediri yang tahun 2019 ini menitik beratkan orientasi pada keterlibatan lembaga dalam memperdayakan masyarakat serta mewujudkan kemandirian masyarakat khususnya pada bidang kesehatan. Lingkungan yang bersih dan sehat menjadi cita-cita seluruh masyarakat di Indonesia, termasuk disela sela pedesaan. Kesehatan termasuk hal pokok yang sedikit banyak dapat menimbulkan masalah dibeberapa tempat, seperti : sanitasi dan stanting. 

Menindak lanjuti dari program layanan dasar kesehatan serta mengantisipasi resiko yang memungkinkan terjadi pada penurunan tingkat kesehatan masyarakat. Pendataan kesehatan pada masyarakat Desa Tanggaran di tiga dusun mulai dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik IAIN Kediri yang diapresiasi langsung oleh Bidan Desa Bu. Siti Sholikha beserta beberapa Kader Desa. 

Pendataan ini terlebih dahulu difokuskan kepada masyarakat tidak mampu yang memiliki angka kesehatan rendah. Dalam konteks pendataan pelayanan kesehatan yang memiliki hubungan erat dengan kemiskinan. Kebutuhan pendataan dalam program penanggulangan kemiskinan adalah hal penting karena tanpa data yang valid maka ketepatan sasaran dan ketepatan intervensi dalam penanggulangan kemiskinan tidak dapat dilaksanakan secara optimal. 

Dari pendataan yang dilakukan beberapa minggu oleh mahasiswa IAIN Kediri diharapkan mampu mengatasi kesenjangan terkait :

1. Akses masyarakat terhadap informasi jaminan kesehatan masih terbatas di lokasi layanan kesehatan. 

2. Minimnya pengaduan pelayanan publik. 

3. Partisipasi masyarakat terhadap lingkungan hidup bersih dan sehat masih rendah.

 

 

Komentar atas PELAKSANAAN VALIDASI DATA LAYANAN KESEHATAN PADA MASYARAKAT OLEH MAHASISWA KKN TEMATIK IAIN KEDIRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tanggaran

tampilkan dalam peta lebih besar